5 Tips Menjadi Pengusaha Sukses
Memanfaatkan ruang kosong menjadi home office (image: carhoots.com)

Banyak orang memulai bisnis yang belum pernah diduga sebelumnya. Bisnis baru ini bukan semata-mata karena ide muncul begitu saja. Berkembangnya teknologi membuat setiap orang lebih mudah mengembangkan bisnis apapun. Fleksibel, biaya murah dan kecepatan membuat perkembangan teknologi memiliki andil besar dalam majunya bisnis anda.

Secara umum, ada lima tips untuk menjadi pengusaha yang sukses. Simak dibawah ini:

1. Bisa Mengatur Keuangan Sejak Dini

Dalam sejarah, pendidikan yang tinggi menjadi salah satu syarat untuk anda menjadi pengusaha sukses. Namun tingginya biaya pendidikan dipandang sebagai hambatan untuk menjadi sukses. Asalkan memiliki modal cukup, anda bisa memulai bisnis.

Meski masih muda, anda sudah bisa mengajukan pinjaman ke bank. Tapi pastikan anda sudah memiliki rencana bisnis yang akan dikembangkan sebelum mengajukan pinjaman.

2. Manfaatkan teknologi secara maksimal

Mungkin dulu anda perlu mendapatkan rekomendasi seseorang untuk membangun sebuah perusahaan. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, anda bisa dengan mudah membuat perusahaan. Misalnya dimulai dengan mencari pelanggan memanfaatkan situs internet. Anda juga bisa mencari jaringan pelanggan melalui jaringan media sosial seperti LinkedIn, facebook, twitter dan lain-lain.

3. Home office atau virtual office

Bagi pemula, biaya sewa kantor memang cukup berat. Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan ruangan di rumah sebagai kantor atau membuat kantor virtual. Misalnya bekerja di cafe hanya dengan membawa komputer dan jaringan internet anda sudah bisa mengembangkan bisnis anda.

4. Manfaatkan Jaringan Pertemanan

Di lingkungan pergaulan dan saat menempuh jenjang pendidikan formal, terutama masa SMA dan kuliah, manfaatkan secara maksimal dengan bergaul akrab dengan sebanyak mungkin teman, guru dan dosen serta aktif dalam berbagai organisasi. Kelak saat anda memulai berbisnis, mereka-mereka itulah nanti yang dapat anda hubungi sebagai partner, relasi, atau pendukung bisnis anda. Pengalaman berorganisasi juga sangat penting untuk membantu anda mengorganisir aktifitas bisnis sehari-hari.

5. Hargai proses dan tetap konsisten

Saat memulai bisnis, anda harus paham bahwa setiap usaha untuk meraih hasil pasti akan butuh proses. Perjuangan yang paling sulit selalu ada di awal, akan menemukan banyak rintangan dan hambatan namun bila anda terus bertahan dan pantang menyerah, niscaya hasil yang diharapkan akan dapat diraih.

Tulis komentar atau review dibawah ini.

Review Produk

Rekomendasi Produk Bisnis Online Indonesia © 2018 -

Kontak

Powered by Blogger.